Arsitektur komputer
Pengertian
Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep
perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer . Arsitektur
komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari
kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem
interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing
bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja,
dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memoru cache, RAM,
ROM, cakram keras dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah
arsitektur Von Naumann CISC, RISC, blue gene dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai
ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat
keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan
fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
· Set Instruksi (ISA)
· Arsitektur mikro dari ISA, dan
· Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat
keras komputer ini.
Arsitektur
komputer merupakan suatu hal yang sangat penting karena dapat memberikan
berbagai atribut pada sistem komputer, hal ini tentunya sangat dibutuhkan bagi
perancang atau user software sistem
dalam mengembangkan suatu program.
Klasifikasi Arsitektur Komputer :
Arsitektur Von Neumann
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
Pada arsitektur Von Neumann, program dan data
dibagi pada ruang memori yang sama.
Arsitektur Von Neumann menyediakan fitur
penyimpanan dan modifikasi program secara mudah. Bagaimanapun, penyimpanan
program tidak mungkin optimal dan membutuhkan berbagai pengumpulan program dan
data untuk membentuk instruksi. Pengumpulan program dan data diselesaikan
menggunakan time division multiplexing yang akan berpengaruh pada performa
mikrokontroler itu sendiri.
Cara Kerja Mesin Von Neumann
Kita dapat menganggap mesin Von Neumann sebagai komputer abstraksi yang menjalankan instruction, yaitu nilai dalam memori yang memberitahu computer mengenai operasi yang akan dijalankannya. Setiap instruksi mempunyai set instruction field (field instruksi), yang isinya memberikan detail tertentu untuk mengontrol unit, dan setiap instruksi mempunyai instruction format (format instruksi)-nya sendiri, yang merupakan cara penempatan field dalam memori. Instruction size (ukuran instruksi) adalah jumlah unit memori (biasanya diukur dalam byte) yang digunakan oleh instruksi. Untuk instruksi yang beroperasi pada data (contohnya instruksi aritmetik, logika, shift, karakter dan string), datanya merupakan operand bagi operasi, dan urutan item data tempat beroperasinya CPU adalah data stream. Instruction set dari computer adalah set instruksi yang dapat dijalankan oleh komputer. Setiap komputer mempunyai set instruksi sendiri. Setiap instruksi mempunyai operation code (op code), yaitu kode angka yang biasanya bisa dijumpai pada field pertama dari instruksi, yang memberitahu computer mengenai operasi yang akan dijalankannya. Field instruksi yang lain memberitahu komputer mengenai register yang akan digunakan, jumlah dan jenis data argumen, (misalnya, untuk operasi aritmetik dan logika), dan spesifikasi untuk alamat operand. Instruksi juga memberitahu komputer mengenai bit status prosesor yang akan diuji atau disusun dan mengenai apa yang harns dilakukan terhadapnya jika terjadi kesalahan. (Bit status prosesor, yang juga disebut flag, adalah register I-bit khusus yang ada dalam CPU). Program adalah urutan instruksi yang akan dijalankan komputer. Setiap instruksi mempunyai urutan logis dalam program, yang disebut logical address. Bila program berada dalam memori utama, maka setiap instruksi juga mempunyai physical address.
Kita dapat menganggap mesin Von Neumann sebagai komputer abstraksi yang menjalankan instruction, yaitu nilai dalam memori yang memberitahu computer mengenai operasi yang akan dijalankannya. Setiap instruksi mempunyai set instruction field (field instruksi), yang isinya memberikan detail tertentu untuk mengontrol unit, dan setiap instruksi mempunyai instruction format (format instruksi)-nya sendiri, yang merupakan cara penempatan field dalam memori. Instruction size (ukuran instruksi) adalah jumlah unit memori (biasanya diukur dalam byte) yang digunakan oleh instruksi. Untuk instruksi yang beroperasi pada data (contohnya instruksi aritmetik, logika, shift, karakter dan string), datanya merupakan operand bagi operasi, dan urutan item data tempat beroperasinya CPU adalah data stream. Instruction set dari computer adalah set instruksi yang dapat dijalankan oleh komputer. Setiap komputer mempunyai set instruksi sendiri. Setiap instruksi mempunyai operation code (op code), yaitu kode angka yang biasanya bisa dijumpai pada field pertama dari instruksi, yang memberitahu computer mengenai operasi yang akan dijalankannya. Field instruksi yang lain memberitahu komputer mengenai register yang akan digunakan, jumlah dan jenis data argumen, (misalnya, untuk operasi aritmetik dan logika), dan spesifikasi untuk alamat operand. Instruksi juga memberitahu komputer mengenai bit status prosesor yang akan diuji atau disusun dan mengenai apa yang harns dilakukan terhadapnya jika terjadi kesalahan. (Bit status prosesor, yang juga disebut flag, adalah register I-bit khusus yang ada dalam CPU). Program adalah urutan instruksi yang akan dijalankan komputer. Setiap instruksi mempunyai urutan logis dalam program, yang disebut logical address. Bila program berada dalam memori utama, maka setiap instruksi juga mempunyai physical address.
Langkah kerja Von Nerumann
- Pada waktu mesin von Neumann menjalankan suatu program, maka ia menjalankan instruksi satu per satu secara urut, kecualijika ada satu instruksi yang memberita bukan computer untuk tidak mematuhi urutan tersebut (rnisalnya, instruksi cabang).
- Urutan instruksi yang dijalankan komputer adalah instruction stream.
- Untuk menjaga track instruksi dalam memori, mesin von Neumann menggunakan PC.
- PC ini “pointsto” (menyimpan alamat dari) instruksi berikutnya yang akan dijalankan. Selama operasi biasa, unit control menjalankan urutan dua operasi dasar secara terus menerus: instruction fetch dan instruction execution. Urutan ini dinamakan von Neumann machine cycle. Selama instruction fetch (penjemputan instruksi), unit control menjemput instruksi berikutnya dari memori utama dengan menggunakan alamat yang disimpan dalam PC, dan ia menaikkan PC. Oleh karena itu, setelah penjemputan instruksi, PC menyimpan alamat dari instruksidalam memori yang akan dijalankan CPU berikutnya. Unit kontrol kemudian menjalankan instruksi
pada saat itu, yaitu instruksi yang
baru saja dijemput. Selama eksekusi (penjalanan instruksi), CPU pertama kali
akan menguraikan kode (decode) instruksi tersebut dan menentukan operasi apa
yang akan di jalankan. Ia kemudian menjalankan operasi. Yang terakhir, bila ia
telah selesai menjalankan instruksi, ia memulai siklus
penjemputan lagi dengan menjemput instruksi
berikutnya dari memori. Setiap computer mengimplementasikan
setinstruksi. Manual yang menjelaskan set instruksi computer
disebut (menurut berbagai perusahaan komputer)” Principles of Operation”,
Hardware References”, Architecture References”, dan “System References” .Untuk
meningkatkan kecepatan eksekusi, arsitek biasanya menerapkan arsitektur Von
Neumann dengan prosesor pipelined.
Arsitek juga menggunakan
beberapa unit aritmetik untuk
meningkatkan kecepatan CPU, dan ia menyertakan buffer (memori berkecepatan
tinggi tingkat menengah), agar kecepatan prosesor sesuai dengan kecepatan
memori.
Keunggulan Von Neumann
Keunggulan Von Neumann
- Mikroprosesor kecepatan telah meningkat dengan faktor 1000 +.
- Program lokalitas.
- Eksploitasi Program lokalitas melalui memori
- Mempunyai hirarki
Kekurangan Von Neumann
Ada kelemahan untuk desain Von Neumann. Selain
hambatan Von Neumann dijelaskan di bawah ini, modifikasi
program dapat cukup berbahaya, baik oleh
kecelakaan atau desain. Dalam beberapa program yang
disimpan desain sederhana komputer, sebuah program tidak berfungsi dapat
merusak dirinya sendiri, program lain, atau sistem operasi mungkin mengarah
kepada kerusakan computer, pelindung memori atau yang lainnya dari kontrol
akses biasanya dapat melindungi terhadap kedua disengaja dan modifikasi program
berbahaya
11:41 PM
0 comments:
Post a Comment